Produk Halal



Aktivitas baru sebagai ibu rumah tangga selain memasak, mencuci atau bersih-bersih rumah adalah belanja bulanan. Walo dulu kadang2 suka nemenin nyokap belanja, tapi belanja bulanan setelah jadi ibu beneran terasa beda. ya maklum deh, dulu paling2 saya cuma dorong2 trolley belanjaan aja atau sesekali (baca : berkali-kali) memindahkan barang dari rak produk ke trolley mamah saya sesuai barang kebutuhan saya tanpa memperhatikan dengan detail apa aja sih kebutuhan rumah tangga. Nah, sekarang semua hal itu mau gak mau jadi kewajiban saya, dari hal memindahkan barang-barang kebutuhan dari rak-rak produk di supermarket ke trolley belanjaan saya, sampe memperhatikan dengan detail barang mana yang "layak" saya dan suami konsumsi setiap harinya di rumah. Dulu, saya kurang memperhatikan kehalalan suatu produk makanan. Bukannya saya asal milih aja apa yang saya makan, tapi maksudnya disini saat saya belanja suatu produk makanan saya tidak sampai sebegitunya memperhatikan ada atau tidaknya label halal di kemasan setiap produk tersebut. Saya selalu beranggapan bahwa produk makanan yang saya beli yang notabene produk tersebut terkenal atau familiar dimata konsumen sudah pasti halal, tapi setelah saya teliti lebih dalam ternyata dugaan saya salah.
Adalah suami saya yang sangat peka dalam hal kehalalan suatu produk makanan yang hendak kita beli. Awal-awal menikah saya masih harus diingatkan Mas Ade agar memperhatikan label halal di kemasan produk makanan saat kami berbelanja, dan sekarang sudah hampir memasuki usia ke 3 bulan pernikahan kami, yang berarti sudah 3 kali juga belanja bulanan, saya jadi mulai terbiasa. Ya masih kagok juga sih awalnya, karena setiap saya memilih sebuah produk untuk saya beli, yang saya perhatikan pertama adalah label Halal di kemasan produk tersebut. Kalo nggak ada, walopun itu merk terkenal ato lebih murah juga, pasti saya taro lagi, dan pilih yang ada label Halal dari MUI nya.
Menurut pengamatan saya *hayah, jadi serius begini* banyak sekali supermarket yang saat ini memproduksi produk-produk makanan yang kemudian diberi label sesuai nama supermarket tersebut dengan keuntungan apabila memilih produk tersebut maka konsumen akan mendapatkan harga lebih murah. Saya kurang tau apakah label nama sesuai supermarket tersebut dipasang lantaran si supermarket memproduksi sendiri barang-barang tersebut atau hanya membeli produk dari luar dan kemudian hanya memasangkan label nama supermarket tersebut. Dan ironisnya, setelah saya sering beberapa kali belanja, banyak sekali produk-produk makanan dengan label dari supermarket tersebut yang ternyata tidak mencantumkan tanda kehalalan dari MUI. Yang saya kurang tau juga, apakah hal ini memang bukan menjadi perhatian si supermarket untuk memasang label halal, atau dengan kata lain sebenarnya produknya sih halal-halal saja, tapi karena kemasan sudah berganti dengan nama si supermarket, jadinya si supermarket "lupa" memasang tanda halal di kemasan produk tersebut. Dan maaf saja, saya sebagai konsumen yang juga ibu rumah tangga yang ingin memastikan semua produk makanan yang kami sekeluarga konsumsi adalah halal, jadi saya tentunya akan lebih memilih untuk membeli produk makanan yang ada tanda halal dengan jelas disetiap kemasannya. Karena paling tidak, kami sedang berusaha meminimalisir resiko ketidakhalalan suatu produk makanan yang kami sekeluarga konsumsi. Bagaimana dengan kalian? Sudah kalian pastikankah kehalalan produk makanan yang kalian beli?



"Wahai orang-orang yang beriman! Makanlah dari benda-benda yang baik (yang halal) yangtelah Kami berikan kepada kamu dan bersyukurlah kepada Allah, jika betul kamu hanya beribadat kepadaNya." (Qs. Al-Baqoroh : 172)


ps :

thanks for become my light, dear...
for telling me the good or not...



posted by .n.a.n.a. @ Friday, January 11, 2008,

7 Comments:

At Monday, January 14, 2008, Anonymous anina said...

yup,, betul jeng,,
klo aku lebih ekstra perhatian sama produk smooked beef, bakso pokok nya yg daging2 gitu..
jangan lupa perhatiin exp date nya juga,, penting!.. heheheheh

 
At Tuesday, January 15, 2008, Anonymous CresceNet said...

Hello. This post is likeable, and your blog is very interesting, congratulations :-). I will add in my blogroll =). If possible gives a last there on my site, it is about the CresceNet, I hope you enjoy. The address is http://www.provedorcrescenet.com . A hug.

 
At Thursday, January 17, 2008, Blogger escoret said...

eh,nananannanananannaa..pkbr neh..????

 
At Friday, July 04, 2014, Anonymous Sarang Semut said...

Bener banget mba mengenai tulisan nya,. produk halal lebig terjaga dan terjamin...

 
At Friday, October 09, 2015, Anonymous mirna fitriani said...

makasih gan infonya menarik sekali, mudah2an saja infonya bisa bermanpaat, amin.

 
At Tuesday, November 17, 2015, Anonymous Apotek Herbals said...

Terimakasih, Semoga Bermanfaat

 
At Saturday, November 28, 2015, Anonymous Obat Ejakulasi Dini Paling Mujarab said...

Terimakasih, Semoga Bermanfaat

 

Post a Comment

<< Home